SATUAN – SATUAN DALAM KOMPUTER

October 4, 2012 in Uncategorized

0611U002

Bagus Alit Prasetyo

DISKUSI 2 SISTEM OPERASI

KELAS B KEL 3

Tipe Data, Satuan Tipe Data, Dan Struktur Data

1.  Tipe Data
Tipe Data adalah klasifikasi mengidentifikasi salah satu dari berbagai tipe data, seperti real-value, integer atau Boolean, sehingga akan menentukan nilai yang mungkin untuk tipe tersebut. Umumnya tipe data dalam statistik memiliki jenis sebanding dalam pemrograman komputer.

Pada umumnya bahasa pemrograman juga memungkinkan programmer untuk menentukan tipe data tambahan, biasanya dengan menggabungkan beberapa elemen dari tipe lain dan mendefinisikan operasi yang valid dari tipe data baru. Hampir semua bahasa pemrograman eksplisit termasuk gagasan dari tipe data. Tipe data yang umum diantaranya adalah: integer, boolean, character, floating-point numbers, dan strings.

2.    Satuan Tipe Data

Tipe Data Mesin

  • bit: satuan data integer yang terendah, berisi angka biner (1 atau 0)
  • byte: satuan data gabungan dari 8 bit
  • word: satuan data di atas byte, biasanya berukuran 8 bit, 16 bit, 32 bit, atau 64 bit
  • double word: satuan data yang besarnya 2 kali word

Tipe Boolean

  • boolean: menjelaskan nilai True atau False

Tipe Numerik

  • Integer: adalah datum dari tipe data integral, sebuah tipe data yang menjelaskan beberapa subset terbatas dari bilangan bulat matematika.
  • floating-point: floating point menjelaskan metode bilangan real dengan cara mendapat dukungan dari berbagai nilai, dasar umum skalanya adalah 2, 10 atau 16.
  • fixed-point: tipe data real untuk angka dengan digit tetap setelah (dan kadang-kadang juga sebelum) titik radix, representasi angka fixed-point dapat dibandingkan dengan angka floating-point yang lebih rumit, digunankan untuk menjelaskan nilai-nilai pecahan, biasanya dalam basis 2 atau basis 10.
  • real: data angka floating presisi dengan nilai valid -3.40E + 38 sampai-1.18E – 38, 0 dan 1.18E – 38 sampai 3.40E + 38.
  • decimal: presisi tetap dan skala data numeriknya dari -10^38 +1 sampai 10^38 –1
  • numeric: fungsional yang setara dengan desimal.

Tipe String dan Teks

  • char: data karakter non-Unicode panjang-tetap dengan panjang maksimum 8.000 karakter.
  • varchar: data non-Unicode panjang-berubah dengan maksimal 8.000 karakter.
  • text: data non-Unicode data panjang-berubah dengan panjang maksimal 2 ^ 31 – 1 (2147483647) karakter.
  • nchar: data Unicode panjang-tetap dengan panjang maksimal 4.000 karakter.

Binary String

  • biner: data biner panjang-tetap dengan panjang maksimum 8.000 byte.
  • barbinary: data biner panjang-berubah dengan panjang maksimum 8.000 byte.
  • image: data biner panjang-berubah dengan panjang maksimal 2 ^ 31 – 1 (2147483647) byte.

Tipe Data Lainnya

  • cursor: penunjuk dari kursor.
  • sql_variant: sebuah tipe data yang menyimpan nilai-nilai dari berbagai SQL Server.
  • table: tipe data khusus yang digunakan untuk menyimpan kumpulan hasil untuk diproses nantinya.
  • timestamp: Sejumlah database-wide unik yang akan diperbarui setiap kali berturut-turut akan diperbarui.
  • pointer:  tipe data bahasa pemrograman yang nilainya mengacu langsung ke (atau “menunjuk ke”) nilai lain yang disimpan di tempat lain dalam memori komputer melalui alamatnya.
  • uniqueidentifier: sebuah identifier unik secara global (GUID)
  • KiloByte(KB): 1024 Byte
  • MegaByte(MB): 1024 KB
  • GigaByte(GB): 1024 MB
  • TeraByte(TB): 1024 GB

 

3.    Struktur Data

Struktur data adalah cara untuk menyimpan dan mengatur data dalam komputer sehingga dapat digunakan secara efisien. Struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi.

Struktur data memberikan sarana untuk mengelola sejumlah data secara efisien, seperti database besar dan layanan internet pengindeksan. Biasanya, efisien struktur data adalah kunci untuk merancang algoritma yang efisien. Beberapa metode desain formal dan bahasa pemrograman menekankan struktur data, daripada algoritmanya, sebagai faktor kunci dalam pengorganisasian desain perangkat lunak.

 

Hubungannya Dengan Manajemen Memori

1.      Aljabar

Dalam pemrograman komputer, terutama pemrograman fungsional dan teori tipe, tipe data aljabar adalah jenis jenis komposit, yaitu jenis yang dibentuk dengan menggabungkan jenis lainnya. Ada dua kelas umum jenis aljabar, yaitu product type (tuples dan record), dan sum type (disebut juga tagged union atau variant type). Nilai dari tipe aljabar dianalisis dengan pencocokan pola dengan mengidentifikasi nilai oleh konstruktor atau nama field dan ekstrak data yang terdapat di dalamnya. Tipe data aljabar sangat tepat digunakan untuk sintaks yang abstrak.

Kaitannya dengan manajemen memori: Tipe data aljabar umumnya menjelaskan dengan menggunakan tumpukan. Karena ketidakkeseragamannya, tipe data aljabar lebih sulit untuk memindai.

2.      Stack

Dalam ilmu komputer, stack atau tumpukan merupakan sebuah koleksi objek yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhr kali dimasukkan akan pertama kali keluar dari stack tersebut. Stack dapat diimplementasikan sebagai representasi berkait atau kontigu (dengan tabel fix). Ciri dari stack itu sendiri diantaranya: elemen top (puncak) diketahui, penisipan dan penghapusan elemen selalu dilakukan di TOP, dan LIFO. Ketika orang mengatakan “stack“, itu biasanya berarti pengaturan stack didukung oleh OS dan / atau prosesor.

Kaitannya dengan manajemen memori: Penempatan stack merupakan teknik penting. Control stack sangat sentral guna kinerja sistem dan selalu membutuhkan tindakan khusus.

3.      Stack Frame

Stack frame atau juga dikenal sebagai record stack adalah aktivasi record yang disimpan pada stack. Dalam arsitektur berbasis register, tedapat instruksi hardware yang memfasilitasi penyimpanan register pada stack saat record aktivasi lain sedang dibuat. Instruksi seperti ini memberikan gambaran tata letak tertentu untuk aktivasi record.

Kaitannya dengan manajemen memori: Hardware mensupport penyimpanan dan restoring register, untuk stack dan addressing stack mereka akan menelaskan ukuran dan tipe data yang dapat disimpan dalam stack frame. Pengetahuan dari tata letak setiap tumpukan frame dapat membantu pengumpul garbage dalam menemukan roots.

4.      Leaf Object

Leaf object atau dikenal juga dengan objek atom adalah suatu objek yang tidak berhubungan dengan objek lainnya. Dalam bahasa ketikan, compiler umumnya dapat menentukan waktu compile bahwa tipe tersebut dapat menjelaskan sebagai leaf object. Biasanya pada jenis ini, tipe data skalar atau tipe data vektor scalar, besarnya dibatasi.

Kaitannya dengan manajemen memori: Jika leaf object dapat diidentifikasi, pengumpulan garbage dapat membuat optimasi tertentu, leaf object tidak harus dipindai untuk menunjukkan barrier yang diperlukan untuk mendeteksi dan mempertahankan gambaran dalam objek.

5.      Skalar

Tipe data skalar adalah jenis yang representable dalam dimensi tunggal dan objek yang hanya memiliki besaran sebagai nilai. Contoh tipe data skalar adalah: integer, angka floating-point, enumeration, dan characters.

Kaitannya dengan manajemen memori: Objek tipe data skalar data adalah leaf object. Tipe data skalar ditunjukkan lengkap menggunakan objek nilai dengan bounded magnitude.

6.   Grafik

Grafik merupakan tipe data abstrak yang mengacu pada penerapan konsep grafik dan hipergraf matematika. Struktur data grafik terdiri atas kumpulan pasangan perintah terbatas (dan mungkin bisa berubah) yang disebut edges atau arcs, dan kumpulan entitas tertentu yang disebut node atau verices. Seperti halnya dalam matematika, edge (x,y) dikatakan sebagai dari x ke y. Node menjadi bagian dari struktur grafik, atau bisa sebagai gambaran entitas eksternal oleh indeks integer atau sebagai petunjuk.

Kaitannya dengan manajemen memori: Dalam manajemen memori, biasanya edges menunjukkan kenyataan bahwa suatu objek memegang petunjuk ke objek lain.

7.      Vektor

Tipe data vector adalah kumpulan tipe lebih dari satu dimensi dimana objek memiliki nilai untuk masing-masing dimensi yang berasal dari jenis yang sama. Contoh tipe data vektor adalalah: string, array, dan list.

Kaitannya dengan manajemen memori: Vektor jarang menggunakan value object, tetapi dapat diwakili dengan menggunakan leaf objects jika mereka merupakan kumpulan dari tipe yang dapat diwakili oleh objek nilai. Informasi pemindaian vektor ini dapat dikodekan dengan rapi dalam hal jumlah tipe dan dimensi vektor.

SATUAN – SATUAN DALAM KOMPUTER

            Kita sudah tidak asing lagi dengan computer, hampir setiap hari kita berhubungan dengan computer, ibaratnya saat ini manusia tidak akan lepas kehidupannya dengan computer. Namun kita sering tidak memahami istilah – istilah satuan yang digunakan delam computer.

Dibawah ini saya sajikan pengertian-pengertian satuan dalam computer :

1. Bit

Singkatan dari binary digit (angka biner)- merupakan satuandata terkecil. Nilainya cuma 1 dan 0 walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus didalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya. Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. Ibarat saklar, angka nol berarti off sedangkan angka 1 artinya on. Begitulah, rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit mengalir bagai orang menekan tombol on/off secara berulang-ulang dan cepat. Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik yang amat kecil pada permukaan disk. Sinar laser CD-ROM drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang komputer.

Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya. Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan komputer. Tinggal klak-klik atau ketak-ketik saja. Walau begitu, pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.

2. Byte

Terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information). Sebagai contoh, bila Anda mengetik huruf A pada keyboard, komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan 1 byte. Data.

3. Kilobyte

Satu kilobyte data bejumlah begitu bermakna. Sama saja seperti halnya kita mengetik sebuah huruf dalam notepad. Tak ada artinya. Dokumen biasanya tersimpan dalam komputer dengan ukuran kilobyte (KB). Satuan kilo biasanya berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, Komputer kan bekerja dengan sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte. Walau begitu, untuk mudahnya, Anda boleh memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan ini, misalnya, terdiri dari sekitar 12.000 karakter. Jadi, besarnya dalam komputer sekitar 12 KB.

4. Megabyte

Diatas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Orang biasanya menyebutkan “satu mega” saja. satu MB sama dengan 1.024 kilobyte. Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.

5. Gigabyte

Ukuran penyimpana data di komputer kini tidak lagi menggunakan satuan megabyte. Coba saja periksa harddisak yang ada di pasaran saat ini. Semua sudah menggunakan satuan gigabyte (GB). satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB. Diatas satuan ini ada lagi satuan terrabyte (TB) yang sama dengan 1.024 GB. Kapasitas Harddisk diukur dengan GB.

6. Kilobit

Satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Satu kilobit sama dengan 1000 bit. Sebuah modem, contohnya, menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s. Itu artinya modem tersebut mampu mengantarkan 56 kilobit (56.000 bit) data melalui jalur telephone dalam setiap detiknya. Ambil kalkulator dan coba hitung, kecepatan tersebut sama dengan 6.9 KB/s (kilobyte per second).

7. Megabit

Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 MB perdetik.

8. Hertz (Hz)

Hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika Jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Begitulah asal satuan Hertz. Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik. Di dunia komputer, satuan ini juga banyak digunakan. Pada monitor-monitor CRT misalnya, satuan Hz sebenarnya menggambarkan kemampuan me-refresh layar setiap detiknya. Monitor yang menawarkan refresh rate 85 Hz mampu me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali setiap detik. Hal ini membuat tampilannya terlihat halus dan tidak berkedip.

9. Megahertz (MHz)

Satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik. Memang belum ada monitor yang bisa mencapai kecepatan seperti ini, namun lain halnya dengan processor komputer. Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat. Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik. Pada generasi PC pertama, kecepatan processornya masih menggunakan kecepatan MHz, yaitu 4,77 MHz
Bandingkan dengan rata-rata PC Pentium 4 yang sudah memiliki kecepatan 3,2 GHz atau 3,2 milyar kalkulasi per detik. Tapi janganlah hanya melihat satuan ini untuk melihat kecepatan processor yang sesungguhnya. Sering beberapa processor yang memiliki satuan kecepatan yang lebih rendah dapat mengerjakan perhitungan yang sama dengan lebih cepat, ketimbang processor yang kecepatannya tinggi. Produsen processor memiliki trik-trik tersendiri untuk membuat processornya memiliki performa yang baik, tidak hanya dengan adu kecepatan.

10. Gigahertz (GHz)

Ada dua bidang di dunia komputer yang menggunakan satuan GHz, yaitu processor dan jaringan nirkabel. Untuk processor, barusan Anda sudah tahu gambarannya kan? Nah dalam jaringan nirkabel, istilah ini biasa dipakai untuk menentukan tingkat spektrum radio yang digunakan. Bluetooth misalnya, menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Sedangkan Wi-Fi memakai frekuensi 2,4 GHz sampai 5GHz.

11. Kecepatan CD-RW Drive

Angka-angka yang tercantum dalam CD-RW drive sering membingungkan orang. Apa sih arti 2x, 4x, 8x, 16x, 24x, 32x dan seterusnya? Patokannya sebenarnya gampang saja. Kalikan saja angka perkalian tersebut dengan angka 150 KB per detik. Nilai itu merupakan kecepatan drive yang pertama kali Cek dengan kalkulator Anda. CD-RW drive berkecepatan 2x mampu menulis dengan kecepatan 300 KB per detik, sedangkan drive dengan kecepatan 52x mampu menulis hingga 7.800 KB/detik. Tapi angka perkalian pada CD-RW drive tidak hanya satu, ada tiga angka, rumusnya: Kecepatan baca x kecepatan tulis (CD-R) x kecepatan rewrite (CD-RW) x. CD-RW drive dengan kecepatan 48 x 32 x 16 misalnya, mampu membaca dengan kecepatan 48x, menulis dengan kecepatan 32x, dan memiliki kemampuan rewrite 16x.

12. Kecepatan DVD Drive

DVD-RW drive memang lebih cepat. Angka dasar untuk mengetahui tingkat kecepatan DVD drive adalah 1.358 KB per detik. Jadi, kalikan saja kecepatan DVD dengan angka tersebut. Drive yang beredar di pasaran kebanyakan berkecepatan 16x. Artinya, berkecepatan sekitar 22.160 KB per detik. Sayangnya, aturan di pasar DVD-RW drive memang tidak sejelas CD-RW drive. Anda tidak dapat melihat potensial untuk membaca, menulis, dan rewrite hanya dengan sekilas. Yang juga membingungkan, sebagian besar DVD drive juga dapat merekam CD-R dan CD-RW. Beberapa model terbaru malah dapat merekam ke berbagai standar DVD. Walau begitu, kalau Anda telaten membaca keterangan didalamnya, info seperti itu mestinya tersedia.

13. Kecepatan Harddisk (rpm)

Singkatan rpm (revolution per minute) pada harddisk menentukan kecepatan putar pelat magnetiknya. Semakin tinggi nilai rpm, semakin cepat pula putaran pelat disk. Hal ini berpengaruh pada nilai transfer data. Dengan kata lain, seberapa cepat data dapat dibaca dan ditulis pada disk tersebut. Biasanya, sebuah harddisk PC berputar pada kecepatan 5.400 rpm, dan tingkat kecepatan ini sebenarnya lebih dari cukup. Walau begitu, Anda bisa juga membeli harddisk dengan kecepatan 7.200 rpm. Peningkatan kecepatan ini memang memberikan sedikit peningkatan kinerja. Kalau mau, Anda juga bisa membeli model 10.000 rpm, tetapi harganya memang relatif mahal.

14. Kecepatan Printer (ppm)

Para vendor printer biasanya menawarkan kecepatan pencetakan printernya. Satuan yang biasa dipakai untuk menggambarkan hal itu adalah paper per minute alias ppm. Gampangnya, semakin besar nilai ppm, maka semakin cepatlah printer tersebut. Ppm sendiri sebenarnya hanya efektif untuk menggambarkan kecepatan text. Begitu ada unsur gambar atau grafik dalam dokumen, kecepatannya biasanya langsung turun. Apalagi bila kita mencetak foto pada printer inkjet, nilai ppm benar-benar tidak bisa diharapkan. Sebaliknya, kecepatan cetak foto biasanya diukur dalam hitungan menit. Apapun printernya, kecepatan pencetakan sebenarnya juga berhubungan dengan kecepatan komputer itu sendiri.

15. Frame per detik (fps)

Apa yang penting kita perhatikan dari spesifikasi sebuah kartu grafis? Lihatlah nilai frames per second (fps) yang ditawarkannya. Makin tinggi fps atau frame-ratenya, maka semakin haluslah gerakan pada layar. Dalam sebuah game, kemampuan frame-rate kartu grafis menjadi sangat penting, mengingat game memang merupakan gambar yang terus bergerak. Kalau gamenya sederhana sih, kartu grafis dengan fps yang biasa saja tidak akan menjadi masalah. Tapi cobalah mainkan game 3D, kartu grafis dengan fps yang tinggi akan menunjukkan keunggulannya. Saat memainkan video, nilai fps juga sangat menentukan tingkat kehalusan tampian video. Kartu grafis dengan nilai fps rendah bisa membuat tampilan video terlihat patah-patah. Begini saja, kuncinya carilah kartu grafis dengan nilai fps dia atas 30 fps. Kalau bisa, carilah dengan nilai yang paling tinggi, apalagi Anda doyan main game 3D.

16. Dot per inch (dpi)

Kualitas hasil cetak printer dan kemampuan scaner dalam menangkap gambar biasa ditunjukan dengan nilai dot per inch (dpi). Nilai ini menunjukkan seberapa banyak titik pada satu inch persegi. Tapi kenyataannya istilah ini seolah-olah kehilangan arti pentingnya. Kemampuan sebuah printer untuk menghasilkan begitu banyak titik pada setiap inch sebenarnya bukan patokan kualitas hasil cetak. Ragam tinta, ukuran droplet (titik tinta), teknik semprot, serta kualitas kertas berkonstribusi langsung pada tampilan akhirnya. Begitu pula halnya dengan scaner. Sebuah scaner dengan resolusi 9.600 dpi contohnya, mungkin hanya bisa menangkap informasi gambar sekitar 600 dpi saja. Waspadai, tingginya nilai dpi bisa jadi merupakan hasil interpolasi digital dan bukan karena kemampuan sebenarnya.

17. Pixel

Pixel merupakan kependekan dari picture element. Satuan ini banyak digunakan pada monitor, baik LCD maupun CRT. Gambar-gambar yang Anda lihat pada monitor kenyataannya terbuat dari ribuan (bahkan jutaan) titik kecil yang berwarna, itulah yang dinamakan pixel. Hal ini biasa ditentukan oleh resolusi kartu grafisnya. Kartu grafis yang dapat menghasilkan resolusi layar 1.600 x 1.200 pixel, contohnya, akan menghasilkan 1.920.000 pixel. Resolusi sebesar itu terbilang cukup rapat dan halus. Resolusi layar monitor CRT biasanya lebih fleksibel, sementara monitor TFT lebih terbatas.

18. Point

Point atau pt menunjukkan ukuran cetak suatu jenis font. Dalam pencetakan modern, tinggi satu point biasanya sama dengan 1/72 inch (0.0138 inch atau 0.35 mm). Karena itu, font dengan ukuran itu sudah termasuk ruang untuk tipe huruf yang menjulur keatas (seperti ‘f’), ke bawah (seperti ‘p’).

19. Megapixel

Istilah megapixel sering dipakai dalam kamera digital. Satu megapixel sama dengan satu juta pixel, menunjukkan kemampuan kamera dalam menangkap detil obyek yang difoto. Asumsinya, sebuah kamera dengan kemampuan dua megapixel akan menangkap gambar yang lebih detil ketimbang kamera digital satu megapixel. Tetapi, resolusi sebenarnya hanya salah satu faktor yang mempengaruhi kamera digital. Kualitas yang sebenarnya juga sangat penting adalah kemampuan lensanya itu sendiri. Tapi hati-hati mencerna spesifikasi kamera digital. Klim dua megapixel misalnya, bisa saja sebenarnya hanya mampu mengambil resolusi sampai 1.600 x 1.200 pixel, yang artinya sama dengan 80.000 pixel. Jauh betul dari angka yang digembar-gemborkannya kan? Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Yang jelas, ada juga yang secara jujur mengungkapkan bahwa angka itu merupakan hasil interpolasi atau pengatrolan warna belaka.

Print Friendly

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">